Cara Efektif Lebih Hemat Air di Musim Kemarau

Cara Efektif Lebih Hemat Air di Musim Kemarau

Others

Musim kemarau segera tiba, tentunya penggunaan air juga harus Anda kurangi ya. Tujuannya adalah agar air bisa tetap terjaga ketersediaannya. Selain itu pastikan juga jika pompa air yang Anda miliki tetap dalam keadaan baik dengan menghubungi pihak service pompa air. Nah di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menghemat air di musim kemarau.

  1. Mengurangi Penggunaan Air

Hal pertama di mana harus Anda lakukan agar bisa menghemat air di musim kemarau adalah dengan mengurangi pemakaian air. Jadi, ke depannya Anda harus pintar dalam memilih penggunaan air pada aktivitas hari-hari kamu. Seperti halnya ketika ada kegiatan yang dirasa tidak perlu air, lebih baik tidak dilakukan.

Seperti melamun ketika mandi ketika menggunakan shower, atau air yang berasal dari keran mengalir ketika Anda sedang menyikat gigi. Memang, akan ada kebiasaan yang mana harus diubah. Namun, hal itu bertujuan agar pasokan air selalu terjaga.

  1. Pergi ke Tempat Cuci Mobil untuk Mencuci Mobil yang Kotor

Bagi Anda yang mungkin memiliki mobil dan rajin mencucinya di rumah, mungkin kini jadi waktu untuk berubah. Bertujuan menghemat air, sebaiknya Anda membawa mobil ke tempat cuci mobil ketika sudah kotor.

  1. Mencuci Pakaian saat Banyak

Dalam hal mencuci pakaian, pemakaian air juga sangat perlu untuk diperhatikan. Caranya yakni dengan mengganti kebiasaan untuk melakukan kebiasaan mencuci pakaian semuanya jika sudah banyak saja. Hal ini tentunya lebih hemat air dari pada Anda sedikit-sedikit mencuci.

Kebanyakan orang memakai jumlah air yang mana sama ketika mencuci. Tidak bergantung pada seberapa jumlah pakaian kotornya. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan waktu, serta menghemat beberapa galon air, saat ketika mencuci dan juga mengeringkan pakaiannya.

  1. Perbaiki Kran yang Bocor

Banyak keran yang mana meskipun sudah posisi ditutup, namun masih ada air yang mana menetes. Saat keadaan panas, hindari hal seperti ini. Dengan membenarkan keran tersebut. Walaupun cuma tetesan, tetapi dapat tanpa disadari jumlah air yang dikeluarkan dari tetesan tersebut sudah banyak galon.

Ketika pemakaian shower mandi juga akan berpengaruh. Jika mandi lebih cepat  dengan waktu dua menit dibandingkan dengan biasanya, Anda dapat menghemat 1.750 galon air untuk satu tahunnya. Jangan lupa matikan keran air ketika Anda sedang sikat gigi.

  1. Simpan Air Minum di Kulkas

Ketika udara panas, pasti Anda juga lebih ingin mengonsumsi sesuatu dengan suhu dingin dan menyegarkan bukan?. Untuk Anda yang biasanya meminum air keran, harus bisa mengurangi kebiasaan ini. Lebih baik, minuman Anda mulai saat ini ditaruh ke dalam kulkas.

Di atas adalah cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk menghemat air di musim kemarau, dengan begitu risiko kehabisan air akan sedikit berkurang. Namun jika Anda sudah kehabisan air maka bisa segera menghubungi jasa service pompa air barangkali ada masalah pada pompa air Anda.