Penyebab Diabetes dan Faktor Risiko Pemicunya

Penyebab Diabetes dan Faktor Risiko Pemicunya

Kesehatan

Penyakit terkadang datang secara tiba-tiba tanpa kita sadari. Tapi, kalau kita juga nggak membiasakan hidup sehat, sama saja kita juga yang mengundang penyakitnya. Sama seperti diabetes, penyebab diabetes juga dipengaruhi dari berbagai hal, termasuk gaya hidup kita.

Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis dan termasuk penyakit yang berjangka panjang yang tingkat gula darahnya di atas normal. Penyakit ini punya 2 jenis utama yang paling umum, yakni diabetes tipe 1 serta tipe 2. Keduanya termasuk diabetes yang perlu diwaspadai karena bisa mempengaruhi kinerja organ-organ lainnya.

Penyebab Diabetes

Tahu nggak sih kalau diabetes bisa terjadi tanpa kita sadari loh? Penyebabnya karena di dalam tubuh ada gangguan yang membuat badan nggak bisa memanfaatkan glukosa darah dengan baik ke dalam jaringan sel-sel. Dengan kondisi itu, nggak heran glukosa akan semakin menumpuk di dalam darah.

Ada 2 jenis diabetes, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Meski keduanya sama-sama berbahaya, tapi penyebab diabetes berbeda. Pada tipe 1, penyebabnya karena organ pankreas nggak bisa dengan aktif memproduksi hormon tertentu. Kalau tipe 2, penyebabnya karena tubuh tidak bisa aktif sepenuhnya saat memakai hormon tertentu tersebut atau memang karena adanya kekurangan hormon daripada kadar glukosanya.

Kalau kadar glukosanya sudah terlalu banyak, akan mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah kecil pada organ-organ lainnya, seperti ginjal, mata, sistem saraf, jantung, serta mata. Kalau nggak diatasi segera, bisa menimbulkan komplikasi yang serius.

Faktor Risiko Diabetes

Tadi sudah sempat dikatakan kalau diabetes ada 2 tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Selain penyebab diabetesnya yang cukup berbeda, dari faktor risikonya juga nggak sama. Biar kamu lebih jelas, coba kamu baca dulu penjelasannya ini.

Diabetes Tipe 1

  1. Riwayat keluarga

Seseorang akan lebih gampang berisiko kalau anggota keluarganya, terutama dalam 1 garis keturunan langsung, orang tersebut pasti akan mendapatkan tipe diabetes yang sama.

  1. Geografi

Orang-orang yang umumnya menetap di daerah yang nggak dekat dari garis khatulistiwa, seperti Finlandia, akan jauh lebih berisiko dengan tipe 1. Kondisi geografisnya yang jarang mendapatkan sinar matahari, akan membuat orang-orangnya nggak menerima vitamin D dengan baik, sehingga lebih memicu berbagai macam penyakit autoimun.

  1. Usia

Diabetes tipe 1 gampang terdeteksi di usia yang masih sangat dini, mulai dari umur 4 sampai 7 tahun, dan 10 sampai 14 tahun.

Diabetes Tipe 2

  1. Obesitas

Obesitas merupakan penyebab diabetes tipe 2 yang paling umum.

  1. Jarang berolahraga

Orang yang malas gerak atau jarang berolahraga akan memicu penyakit diabetes tipe 2.

  1. Kondisi prediabetes

Kondisi ini sebenarnya terbilang cukup jarang terjadi di mana kadar gula lebih tinggi dari seharusnya tapi nggak terlalu tinggi buat diklarifikasi masuk dalam kategori diabetes.

Itu dia penyebab diabetes dengan berbagai macam faktor risikonya. Dari penjelasan itu sudah semakin jelas kan kalau penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa disadari. Makannya, biasakan mulai sekarang buat hidup sehat buat menghindari diabetes.